HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasional Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarkemang 6 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021)

Lustiana, Eva and Rostikawati, Teti and Mulyawati, Yuli (2020) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasional Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarkemang 6 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Eva L.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK Angelia Ma’wah. 037116088. Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar subtema organ gerak hewan. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode studi korelasional. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket untuk variabel disiplin belajar, dan soal tes untuk variabel hasil belajar subtema organ gerak hewan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji korelasi, dan analisis regesi. Sampel terdiri dari siswa kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Bantarkemang 6 berjumlah 47 siswa. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Lilliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan bahwa disiplin belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar subtema organ gerak hewan. Analisis statistik menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,77, artinya tingkat hubungan tergolong kuat dan diperoleh thitung sebesar 10,748 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,014 yang berarti signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar subtema organ gerak hewan. Kata Kunci: disiplin belajar; hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:37
Last Modified: 19 Sep 2022 03:59
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item