PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 CICURUG KABUPATEN SUKABUMI

Fitriyani, Evi and Sarimanah, Eri and Suhendra (2019) PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 CICURUG KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PBSI Evi Fitriyani.pdf

Download (100kB)

Abstract

Evi Fitriyani “Penerapan Model Scramble Dalam Meningkatkan Keterampilan Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Cicurug Kabupaten Sukabumi”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor 2019. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cicurug serta mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, dan pengamatan. Teknik sampel menggunakan cluster random sampling. Hipotesis pertama Penerapan model Scramble dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cicurug dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya tes awal kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata kelas 66,1 dapat diketahui keterampilan siswa cukup mampu dalam menulis teks eksplanasi, sedangkan tes akhir rata-rata kelas eksperimen dalam menulis teks eksplanasi meningkat menjadi 85,3 dengan taraf kemampuan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh thitung= 3,15 dan db = 62 dengan t taraf dituliskan menjadi signifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu 1,67<3,15> 2,39 menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Dengan demikian, penerapan model scramble dapat meningkatkan keterampilan teks eksplanasi meskipun masih ada beberapa kendala yang dialami siswa dalam menulis teks eksplanasi. Kata kunci: Keterampilan menulis, teks eksplanasi, model scramble.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:24
Last Modified: 19 Sep 2022 03:27
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item View Item