PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas V A dan V C di Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Mulyasari, Riska and Novita, Lina and Purnamasari, Ratih (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas V A dan V C di Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 PGSD RISKA MULYASARI.pdf

Download (67kB)

Abstract

Riska Mulyasari. 037117049. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor. Subyek penelitian ini mencakup peserta didik kelas V A dan V C Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor yang terdiri dari 62 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester genap 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika materi Bangun Ruang melalui penerapan model Problem Based Learning pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 73, sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 46. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 96,8% sedangkan kelompok kontrol mendapatkan nilai ketuntasan hasil belajar sebesar 77,4%. Serta hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung (4,74) > ttabel (2,000) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning memiliki pengaruh yang baik terhadap hasil belajar matematika. Sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor Kecamatan Bogor Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:37
Last Modified: 19 Sep 2022 03:50
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3630

Actions (login required)

View Item View Item