STRATEGI HUMAS DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA BOGOR DALAM PENGEMBANGAN KOMUNITAS BATIK BOGOR

Koten, Dominikus Dowo and Amaliasari, Diana and Kusumaningtias, Intan Tri (2019) STRATEGI HUMAS DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA BOGOR DALAM PENGEMBANGAN KOMUNITAS BATIK BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 08-31-2022 10.55.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Komunitas batik Bogor adalah salah satu bagian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Bogor komunitas batik Bogor juga menjadi wadah bagi pengrajin batik dalam mengembang kreatifitas, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatan perekonomian bagi masyarakat. Pelaksanaan strategi Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor dalam pengembangan komunitas batik Bogor karena kondisi pengembangan komunitas batik yang masih sederhana. Maka dari itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor perlu melakukan strategi untuk meningkatkan perkembangkan terhadapa komunitas batik Bogor. Penelitian ini dijelaskan dengan adanya tahapan atau proses dalam konsep strategi Hamas dalam mengembangkan komunita batik Bogor, serta didukung dengan kebijakan-kebijakan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor sebagai instansi pemerintahan terkait mampu terealisasi ke komunitas batik Bogor dan dimata masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu fokus pada subjek penelitian, data tersebut berasal dari wawancara berbagai sumber yang memiliki kredibilitas, dokumen resmi yang diperoleh, dan catatan selama kegiatan di lapangan. Infornan dalam penelitian ini meliputi key informan yaitu pihak internal Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor dan informan yaitu komunitas batik. Penelitian ini menggunakan teknik validasi dan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengembangkan komunitas batik Bogor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor dalam menjalankan strateginya mengacu pada aspek sumber daya manusia dan anggaran dana. Strategi yang dijalankan berupa publikasi (publications) dan acara (event) melalui kerjasama dengan pers (Radar Bogor, Tribun News, dan Website Kota Bogor) untuk meliput setiap kegiatan dari Disparbud dipublikasikan ke media celine dan cetak (koran) serta pelatihan-pelatihan dan pameran. Adapun kendala yang dihadapi yaitu sumber daya manusia yang belum memadai dan keterbatasan anggaran dan kurangnya sosialisasi dalam internal instansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:06
Last Modified: 31 Aug 2022 04:06
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item