PENGARUH BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Survei Ini Dengan Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Saputri, Resti and Patras, Yuyun Elizabeth and Nurlela, Nintin (2019) PENGARUH BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Survei Ini Dengan Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Resti S.pdf

Download (119kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan jenis pendekatan kausal yang terdiri dari dua variabel yaitu berpikir kritis sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara berpikir kritis dengan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A. IV-B, dan IV-C. Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor yang terdiri dari 49 sampel responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini berupa metode angket dan metode tes. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang berpikir kritis. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar matematikaUji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Nilai rata-rata pada variabel berpikir kritis sebesar 109,7 dan nilai rata-rata pada variable hasil belajar matematika yaitu sebesar 68,1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien jalur (pxy) sebesar 0,64. Ini menunjukkan adanya pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,409 atau sebesar 40,9%. Hal ini berarti nilai pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika sebesar 40,9%, melalui persamaan regresi Y ̂=(-40,49 + 0,99X). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor hasil belajar matematika adalah karena cara berpikir kritis siswa pada saat pembelajaran. Kata kunci : Berpikir Kritis, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:08
Last Modified: 19 Sep 2022 04:03
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3675

Actions (login required)

View Item View Item