Octaviani, Eli and Rosdiana, Rina and Safitri, Nurlinda (2020) MOTIVASI BERPRESTASI SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR (Penelitian Komparatif di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ridogalih01, Ridogalih 02, dan Ridogalih 03 Kabupaten Bekasi Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2020 PGSD Eli Octaviani.pdf Download (78kB) |
Abstract
Eli Octaviani, 037116085. Motivasi Berprestasi Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini menerapkan Penelitian Kuantitatif dengan metode Komparatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi berprestasi siswa yang mengikuti bimbingan belajar serta mengetahui perbedaan motivasi berprestasi siswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ridogalih 01, Ridogalih 02 dan Ridogalih 03 Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi pada siswa kelas V tahun pelajaran 2020/2021.Data diperoleh untuk mengetahui motivasi berprestasi siswa yaitu dengan menggunakan kuisioner skala Likert. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung≤ Ltabel. Kemudian uji homogenitas didapatkan nilai Fhitung 0,9256 ≤ Ftabel 1,54 maka kedua kelompok berasal dari populasi yang bersifat homogen. Hasil uji kecenderungan menunjukkan kecenderungan motivasi berprestasi siswa yang mengikuti bimbingan belajar pada kategori sangat tinggi dan kecenderungan motivasi berprestasi siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar pada kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,3788) > ttabel (1,97897) dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,62486 yang berarti tingkat perbedaan tergolong kuat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi berprestasi siswa antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Bimbingan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:11 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 03:55 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3677 |
Actions (login required)
View Item |