MOTIF REMAJA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE SEBAGAI PENGGANTI TELEVISI (Studi SMA Negeri 3 Bogor)

MAULIDA, JULI and SATRIANI, IMANI and Nuraini, Qoute (2019) MOTIF REMAJA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE SEBAGAI PENGGANTI TELEVISI (Studi SMA Negeri 3 Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 08-31-2022 10.57.pdf - Published Version

Download (922kB)

Abstract

JULI MAULIDA. 044115064, 2019. Motif Remaja Dalam Menggunakan Media Youtube Sebagai Pengganti Televisi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Imani Satriani M.Si dan Qoute Nuraini C., M. Ikom Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Motif remaja SMA Negeri 3 Bogor dalam menngunakan media Youtube sebagai pengganti televisi. Untuk adakah hubungan keterdedahan terhadap motif remaja. dengan intensitas menonton dalam menggunakan media Youtube sebagai pengganti televisi. Dimana indikatornya adalah motif informasi, motif hiburan, motif identitas pribadi, dan motif integrasi dan interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan penulis ini adalah penyebaran kuesioner. Teori yang dignakan adalah Uses and Gratification, karena penelitian ini berhubungan dengan media elektronik yaitu televisi dimana pada asumsinya teori Uses and Gratification khalayak memilih media yang ia inginkan untuk memenuhi kebutuhannya. Dimana akan mencari hubungan intensitas menonton, dengan motif remaja dalam menggunakan meda Youtube, maka teori ini dianggap teori yang relevan yang cocok dengan masalah ini. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 90 responden pada remaja SMA Negeri 3 Bogor. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Purposive dengan cara incidental (memiliki ciri-ciri). Data kuantitatif disajikan dalam bentu tebel frekuensi dan persen. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan program SPSS for windows versi 16. Uji kolerasi mengunakan Rank Spearman untuk variabel yang berskala ordinal dan Chi- Square untuk variabel yang berskala nominal. Hasil uji hubungan anata variabel diperoleh hubungan dari variabel Y dengan variabel X1 (informasi, indentitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial dan hiburan) dikatakan variabel tersebut memiliki hubungan yang nyata. selanjutnya hubungan antara Y dengan X4 (informasi, indentitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial dan hiburan) dikatakan variabel tersebut tidak memiliki hubungan. Dengan teori Uses and Gratification dapat terbukti bahwa intensitas menonton dengan motif remaja (informasi, indentitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial dan hiburan). Kata Kunci: Intensitas Menonton, Motif Remaja, Media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Penyiaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:06
Last Modified: 31 Aug 2022 04:06
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3679

Actions (login required)

View Item View Item