PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019

Korimah, Gina Koriatul and Badruzzaman, Nedin and Safitri, Nurlinda (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Gina K. K.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Gina Koriatul Korimah 037115178. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen kuasi yang terdiri dari model problem based learning dan model discovery learning sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil observasi di Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 menunjukan bahwa hasil belajar subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia masih terlihat rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia melalui penerapan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning dengan model Konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan soal pretest dan postest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA, IVB, dan IVC. Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor yang berjumlah 100 peserta didik. sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yaitu 100 peserta didik diperoleh menggunakan rumus N-Gain. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotsis penelitian dengan uji t, maka thitung 4,12 lebih besar dari ttabel 1,99444 dengan taraf 0,05 sebesar 1,99444, maka H0 ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar belajar pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia melalui penerapan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning. Kata kunci: Hasil Belajar, model Problem Based Learning dan model Discovery learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:11
Last Modified: 19 Sep 2022 03:55
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3689

Actions (login required)

View Item View Item