PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI APROKSIMASI Pendekatan Penelitian Kuantitatif Kausal Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021

Muharawati, Meita and Hidayat, Rais and Zen, Dendy Saeful (2021) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI APROKSIMASI Pendekatan Penelitian Kuantitatif Kausal Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Screenshot 2022-08-25 at 11-13-18 Meita M_Skripsi (1).pdf-1.pdf

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Meita Muharawati 037117090. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aproksimasi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2021. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika pada materi aproksimasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B, Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 67 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika pada materi aproksimasi, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,89. Ini menunjukkan adanya pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika pada materi aproksimasi. Sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,79 atau sebesar 79%, melalui persamaan regresi Ŷ = -33,05 + 0,80X. Sisanya sebanyak 21% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antar pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika pada materi aproksimasi. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 12:40
Last Modified: 26 Aug 2022 12:40
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item