HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Korelasional Pada Siswa Kelas IV A dan IV B di Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019.

Rahmadina, Nanda and Badruzzaman, Nedin and Purnamasari, Ratih (2019) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Korelasional Pada Siswa Kelas IV A dan IV B di Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Nanda R.pdf

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK Nanda Rahmadina. 03715050. Hubungan Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor 2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan Korelasional Efikasi Diri (X) dan Kemandirian Belajar (Y). Penelitian siswa kelas IV A dan IV B di Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 01 Kecamatan Ciomas yang berjumlah 73 orang siswa, sampel yang diambil 43 siswa diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Instrumen penelitian ini berupa angket. Uji validitas instrument menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reabilitas menggunakan Alfa cronbach. Pengujian prasyarat analisis berupa Liliefors. Setelah dari uji normalitas dilakukan pengujian homogenitas dengan Uji Fisher untuk realibel digunakan untuk mengunakan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,84 sangat kuat dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebsar 70%.Teknik analisis regresi menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam persamaan regresi yaitu Ŷ(25,3+ 0,89x). Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara Efikasi Diri dengan Kemandiran Belajar kelas IV A dan IV B. Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 01 Kabupaten Bogor Semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Efikasi Diri, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:24
Last Modified: 19 Sep 2022 04:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3701

Actions (login required)

View Item View Item