PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini denganPendekatanPenelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IV-B IV-C dan IV-D Sekolah Dasar Negeri GunungBatu 02 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Meilinar, Arin and Sukmanasa, Elly and Permana, Irvan (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini denganPendekatanPenelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IV-B IV-C dan IV-D Sekolah Dasar Negeri GunungBatu 02 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD ARIN MEILINAR.pdf

Download (96kB)

Abstract

ArinMeilinar 037115070. PerbedaanHasilBelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah Tempat TinggalkuMelalui Model PembelajaranDiscovery Learningdan Model PembelajaranProblem Basd Learning. Skripsi.Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarFakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasPakuan Bogor 2019.Penelitianinidengandesainpenelitianeksperimen quasi.TujuanutamapenelitianiniadalahuntukmengetahuiPerbedaanHasilBelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalkuMelalui Model PembelajaranDiscovery Learningdan Model PembelajaranProblem Based Learning.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas IV-B, IV-C, dan IV-D SekolahDasarNegeriGunungBatu 02 Kota Bogor yang terdiridari 100 siswa.Penelitiandilaksanakan semester genaptahunpelajaran 2018/2019.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarpadaujinormalitasketigasampelberdistribusi normal karenanilaiLhitung ≤ Ltabel.Kemudianpadaujihomogenitasdidapatkannilaix2hitungsebesar 4,14 ≤ x2tabel 5,991, maka: TerdapatperbedaanhasilbelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalkumelalui model pembelajaranDiscovery LearningdiperolehnilaiN-Gain 77,00 denganketuntasanhasilbelajar 100%, dan model pembelajarankonvensionaldiperolehnilaiN-Gain 66,00 denganketuntasanhasilbelajar 94%. Serta hasilpengujianhipotesismenyatakanbahwaHoditolakdan Ha diterimakarenathitung(4,5127) >ttabel (1,997). TerdapatperbedaanhasilbelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalkumelalui model pembelajaranProblem Based LearningdiperolehnilaiN-Gain 71,00 denganketuntasanhasilbelajar 97% dan model pembelajarankonvensionaldiperolehnilaiN-Gain 66% denganketuntasanhasilbelajar 94%. Serta hasilpengujianhipotesismenyatakanbahwaHoditolakdan Haditerimakareathitung (2,4890) >ttabel(1,996). TerdapatperbedaanhasilbelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalkumelalui model pembelajaranDiscovery learning diperolehnilaiN-Gain 77,00 denganketuntasanhasilbelajar 100% dan model Problem Based LearningdiperolehnilaiN-Gain 71,00 denganketuntasanhasilbelajar 97%. Serta hasilpengujianhipotesismenyatakanbahwaHoditolakdan Ha diterimakarenathitung(2,8828) >ttabel (1,997). Berdasarkanhasilpenelitian di atas, dapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalkumelalu model pembelajaranDiscovery Learning dan model pembelajaranProblem Based Learning, serta model pembelajaran yang paling efektifadalah model Discovery Learning. Kata Kunci : HasilBelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalku, Discovery Learning,Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:24
Last Modified: 19 Sep 2022 04:06
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3702

Actions (login required)

View Item View Item