PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DEMONSTRASI Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Pajeleran 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020

Meliawati, Nisa Nursaumi and Herfina and Windiyani, Tustiyana (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DEMONSTRASI Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Pajeleran 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Nisa N. M.pdf

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK Nisa Nursaumi Meliawati, 037115047. Perbedaan Hasil Belajar Organ Gerak Hewan melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning dan Demonstrasi terhadap hasil belajar subtema organ gerak hewan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Eksperimen Quasi desain tiga grup. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Pajeleran 01 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor pada kelas V semester ganjil 2019/2020. Instrumen yang digunakan yaitu sebuah tes pilihan ganda sebanyak 23 Butir soal, dengan koefisien 0,89,teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, homogenitas varians, setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t. pada uji normalitas, ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel Lhitung lebih kecil dari Ltabel. Setelah itu uji hipotesis model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Demonstrasi mendapatkan nilai thitung sebesar (2,36) lebih besar dari ttabel sebesar (1,99210), dari hasil tersebut menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang telah dilaksanakan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Demonstrasi terhadap hasil belajar organ gerak hewan Kata kunci: Hasil belajar, Discovery Learning, Demonstrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:35
Last Modified: 19 Sep 2022 03:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item