PERBANDINGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Komparatif Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, dan IVB Sekolah Dasar Negeri Babakan Madang 01 kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020

Nafisah, Siti and Muhajang, Tatang and Safitri, Nurlinda (2019) PERBANDINGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Komparatif Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, dan IVB Sekolah Dasar Negeri Babakan Madang 01 kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Siti N.pdf

Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Nafisah 037115090. Perbandingan Model Project Based Learning dengan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar kebersamaan dalam keberagaman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen komparatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui perbandingan model Project Based Learning dengan Discovery Learning terhadap hasil belajar subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Babakan Madang 01 Kota Bogor kelas IVA dan IVB pada bulan Agustus tahun pelajaran 2019/2020. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung ≤ Ltabel. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai x²hitung sebesar 3,255 ≤ x2tabel 3,841 maka: Terdapat perbedaan antara model Project Based Learning dengan Discovery Learning, model Project Based Learning diperoleh nilai N-Gain 53,10 dengan ketuntasan hasil belajar 100% dan model Discovery Learning diperoleh nilai N-Gain 43,33 dengan ketuntasan hasil belajar 41%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,255) > ttabel (1,99547). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model Project Based Learning dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar subtema Kebersamaan dalam Keberagaman serta model yang paling efektif adalah model Project Based Learning. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Project Based Learning, dan Model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:52
Last Modified: 19 Sep 2022 04:08
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item View Item