HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA Penelitian ini dilaksanakan dengan Metode Survey Pendekatan Korelasional di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Nuraeni, Siti and Budiana, Sandi and Wijaya, Ade (2019) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA Penelitian ini dilaksanakan dengan Metode Survey Pendekatan Korelasional di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Siti Nuraeni.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Nuraeni. 037115004. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Disiplin Belajar Siswa pada siswa kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Julang Kecamatan Tanah Sereal Kota Bogor Semester Genap tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan disiplin belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi korelasional, subyek penelitian ini berjumlah 94 siswa kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Julang Kecamatan Tanah Sereal Kota Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 48 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk konsep dan disiplin belajar siswa. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung = 0,073841< Ltabel = 0,128034 yang berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung = 1,05463 < Ftabel= 1,964306 yang bersifat homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan disiplin belajar siswa dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,69 yang dikategorikan kuat. Adanya hubungan yang fungsional antara konsep diri dengan disiplin belajar siswa dinyatakan melalui persamaan regresi Ŷ= 14,10 + 0,78x dengan hasil koefisien determinasi r2 = 0,47 yang menunjukkan bahwa konsep diri berkontribusi sebesar 47%. Kata kunci: Konsep diri dan Disiplin Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 05:55
Last Modified: 19 Sep 2022 04:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3734

Actions (login required)

View Item View Item