HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirangin 02 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Dewi, Aulia Sintia and Harashani, Hanny and Safitri, Nurlinda (2019) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirangin 02 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD AULIA SINTIA.pdf

Download (72kB)

Abstract

Aulia Sintia Dewi, 037115021. Hubungan Lingkungan Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan studi korelasional melalui metode survey. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas IV SDN Pasirangin 02 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 156 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan lingkungan belajar dengan kemandirian belajar siswa ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,663. Ini menunjukkan adanya hubungan antara lingkungan belajar dengan kemandirian belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,43 atau sebesar 43%. Sisanya sebanyak 57% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata kemandiriana belajar siswa 43% ditentukan oleh lingkungan belajar melalui persamaan regresi Ŷ = 24,9+0,84X, artinya setiap kenaikan unit nilai lingkungan belajar akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,8 unit. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terapat hubungan yang positif antara lingkungan belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas IV SDN Pasirangin 02 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar Siswa, Korelasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 05:54
Last Modified: 19 Sep 2022 04:16
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3738

Actions (login required)

View Item View Item