IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS ALAM DI SMP SEKOLAH ALAM CIKEAS-BOGOR

Hakiki, Ari and Triasianingrum and Sutisna, Entis (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS ALAM DI SMP SEKOLAH ALAM CIKEAS-BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 P BIO ARI HAKIKI.pdf

Download (114kB)

Abstract

ARI HAKIKI. 036115037. Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Alam di SMP Sekolah Alam Cikeas-Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah bimbingan Dra. Triasianingrum A.,SU, dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran sains berbasis alam di SMP Sekolah Alam Cikeas-Bogor. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari Januari 2019 sampai Juli 2019 dengan beberapa informan yaitu Guru Sains, Kepala Sekolah, ka. Div. Pendidikan, ka Div. Litbang, ka. Div. Umum, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan dan Peserta Didik. Penelitian ini dilakukan dengan kontak langsung terhadap subjek penelitian yang terdapat di lapangan dan diperoleh dua jenis data yaitu data primer berasal dari wawancara dan observasi, serta data sekunder yang berasal dari studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data, pembelajaran sains berbasis alam terbagi menjadi 3 proses yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran menggunakan tematik integratif. Kompetensi ini mengacu pada 5 konsep dasar Sekolah Alam Cikeas yaitu akhlakul karimah, kepemimpinan, logika ilmiah, kewirausahaan dan kebangsaan. Dilanjut dengan membuat Spider Web dan menguraikannya menjadi aktivitas pembelajaran dengan pendekatan scientifik. Metode belajar bersama alam, serta sumber belajar melalui buku dan internet. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pembelajaran disekolah, RLE (Relive Education) dan PBL (Project Based Learning) dilaksanakan secara santai dan menyenangkan, dilakukan di alam, dan orang tua peserta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran terdiri dari persentasi hasil RLE (Relive Education), tes dalam bentuk uraian, dan proyek dengan laporan perkembangan peserta didik berupa rapot portopolio PBL (Project Based Learning) dan RPD (Rapot Potensi Diri). Belajar bersama alam merupakan metode pembelajaran yang diaplikasikan dalam pembelajaran sains untuk membelajarkan peserta didik membangun logika berpikir. Kata Kunci : Pembelajaran Sains Berbasis Alam, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Belajar Bersama Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 11:35
Last Modified: 19 Sep 2022 04:18
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3749

Actions (login required)

View Item View Item