PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA BENDA DALAM KEGIATAN EKONOMI Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Aprilianita, Dita and Badruzzaman, Nedin and Permana, Irvan (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA BENDA DALAM KEGIATAN EKONOMI Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Dita Aprilianita.pdf

Download (75kB)

Abstract

Dita Aprilianita. 037115251. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Kelas V SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal yang terdiri dari gaya belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada subtema benda dalam kegiatan ekonomi kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V-B, V-C, dan V-D dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa. Pengambilan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk variabel gaya belajar, dan instrumen soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada subtema benda dalam kegiatan ekonomi kelas V SD dengan persamaan regresi Ŷ = -16,59 + 0,97x. hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel gaya belajar akan menyebabkan peningkatan pada hasil belajar sebesar 0,97 unit. Kekuatan pengaruh dari gaya belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,835. Besarnya konstribusi pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 70%, sedangkan sisanya 30% dipengeruhi oleh faktor-faktor lain. Kata kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 11:36
Last Modified: 19 Sep 2022 04:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item