PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 grup pada Peserta Didik Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Leuwiorok dan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Kompa Kabupaten Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Fitrianti, Ulfah and Rustandi, Yuyus and Windiyani, Tustiyana (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 grup pada Peserta Didik Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Leuwiorok dan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Kompa Kabupaten Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD ULFAH FITRIANTI.pdf

Download (120kB)

Abstract

Ulfah Fitrianti 037115148. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Lingkungan dan Manfaatnya Melalui Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Subtema Lingkungan dan Manfaatnya dengan menerapkan model-model Discovery Learning dan Problem Based Learning pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Leuwiorok dan SDN 3 Kompa Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Leuwiorok yang berjumlah 61 siswa dan kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Kompa yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian dapat dilihat dari skor N-Gain siswa yang menggunakan model Discovery Learning yaitu 50 dengan ketuntasan hasil belajar 57%, model Problem Based Learning diperoleh nilai N-Gain 63 dengan ketuntasan hasil belajar 93% dan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai N�Gain 38 dengan ketuntasan hasil belajar 52%. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat dilihat bahwa nilai thitung -3,27  ttabel 2,00100 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil uji tersebut memberikan kesimpulan tidak terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Lingkungan dan Manfaatnya dalam penerapan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning, dan model Problem Based learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 11:37
Last Modified: 20 Sep 2022 04:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3783

Actions (login required)

View Item View Item