PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Penelitian Kuasi Desain 2 Grup pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Padarincang Kabupaten Cianjur Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Yunita, Nita and Anwar, Wawan Syahiril and Santa (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Penelitian Kuasi Desain 2 Grup pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Padarincang Kabupaten Cianjur Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Nita Yunita.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Nita Yunita. 037115155. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Padarincang Kabupaten Cianjur. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi desain 2 grup dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar materi statistika dalam mata pelajaran matematika. Perhitungan N-Gain kelas eksperimen sebesar 56,99 sedangkan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 43,81. Sehingga nilai N-Gain pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Pada uji normalitas dengan uji Lilliefors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok discovery learning didapat Lhitung (0,111) ≤ Ltabel (0,147), pada kelas kontrol didapat Lhitung (0,107) ≤ Ltabel (0,170). Kemudian pada uji homogenitas dengan uji Fisher didapatkan nilai Fhitung (1,26) ≤ Ftabel (1,81). Selanjutnya, pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung sebesar 3,348 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99962, menunjukan bahwa Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Padarincang Kabupaten Cianjur semester genap tahun pelajaran 2018.2019. Kata kunci: Hasil belajar, model Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 11:38
Last Modified: 19 Sep 2022 04:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3790

Actions (login required)

View Item View Item