ANALISIS STRATEGI HUMAS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN KOTA PADANG PARIAMAN DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA (JKK) DAN JAMINAN KEMATIAN (JKM)

LUTFIANI, FITRI and NUGROHO, PRASETYO ADI and Firdaus, Dwi Rini Sovia (2020) ANALISIS STRATEGI HUMAS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN KOTA PADANG PARIAMAN DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA (JKK) DAN JAMINAN KEMATIAN (JKM). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 08-31-2022 14.21.pdf

Download (856kB)

Abstract

Humas merupakan strategi dalam manajemen perusahaan yang melakukan komunikasi untuk menimbulkan pemahaman dan penerimaan publik yang dituju. Program jaminan terbagi atas Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Program Jaminan Kematian (JKM. Program-program Jaminan Sosial memiliki tujuan tersendiri khususnya JKK dan JKM bertujuan untuk memberikan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian sesuai dengan kebutuhan dasar bagi setiap peserta atau anggota keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sosialisasi yang dilakukan humas BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis (KCP) Kota Padang Pariaman dalam menyosialisasikan program JKK dan JKM. Teknik yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang dikemukakan adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan analisis Strategi Komunikasi (Mengenal Khalayak, Penyusunan Pesan, Menetapkan Metode dan Penggunaan Media), dengan menggunakan keempat hal tersebut kita dapat mengetahui strategi komunikasi yang digunakan BPJS Ketenagakerjaan KCP Kota Padang Pariaman. Pada dasarnya tujuan komunikasi yang paling mendasar dari kegiatan komunikasi adalah menciptakan pemahaman, untuk mencapai tujuan dalam memotivasi para pekerja untuk menggunakan program JKK dan JKM, maka BPJS Ketenagakerjaan perlu didukung oleh suatu strategi komunikasi yang efektif agar pesan yang disampaikan dapat meningkatkan peserta program JKK dan JKM. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Strategi Humas BPJS Ketenagakerjaan KCP Kota Padang Pariaman dalam Menyosialisasikan Program JKK dan JKM berkaitan. dengan persoalan pengenalan khalayak yang menjadi sasaran dari program JKK dan JKM yaitu penerima upah dan bukan penerima upah. Mengenai penyusunan pesan melalui sosialisasi, metode penyampaian pesan informatif, edukaif, persuasi. Pemilihan media melalui media komunikasi secara langsung (face to face), media tayang/visual (slide power point, video dan gambar) dan media lain seperti poster. dan promosi. Kata Kunci: BPJS Ketenagakerjaan, Program JKK dan JKM, Sosialisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:20
Last Modified: 01 Sep 2022 02:20
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3804

Actions (login required)

View Item View Item