HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Korelasi Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Curug 02 Bojong Sari Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Sihabudin, Aab and Hidayat, Rais and Safitri, Nurlinda (2019) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Korelasi Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Curug 02 Bojong Sari Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD AAB.pdf

Download (50kB)

Abstract

Aab Sihabudin. 037115207. Hubungan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan interaksi sosial siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel konsep diri dan interaksi sosial siswa. Uji validitas instrument konsep diri dan interaksi sosial siswa menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Curug 02 Bojong Sari Kota Depok Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 89 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 47 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvei sampel dengan instrumen yang valid dan reliable. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan konsep diri dengan interaksi sosial siswa, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,77 yang berarti hubungan antara variabel kuat. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ=37,93 + 0,72X yang berarti setiap peningkatan satu unit konsep diri (X) akan meningkatkan interaksi sosial siswa (Y) sebesar 0,72 unit. Kontribusi variabel konsep diri dalam meningkatkan interaksi sosial siswa (r2) sebesar 0,5929 dengan koefisien determinasi sebesar 59,29% dan sisanya 40,71% dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif konsep diri dengan interaksi sosial siswa. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor siswa berinteraksi adalah karna ia berkonsep diri. Kata Kunci : Konsep Diri, Interaksi Sosial Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:21
Last Modified: 19 Sep 2022 04:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item View Item