PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Desain Tiga Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, IVB, dan IVC SDN Cilodong 2 Kota Depok Semester Ganjil Tahun 2019/2020

Utami, Ayu Apriliyani and Sukmanasa, Elly and Muhajang, Tatang (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Desain Tiga Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, IVB, dan IVC SDN Cilodong 2 Kota Depok Semester Ganjil Tahun 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Ayu Apriliyani U..pdf

Download (123kB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Apriliyani Utami, 037115288. Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku melalui model pembelajaran Problem Based Learning, Discovery Learning, dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cilodong 2 Kota Depok pada kelas IVA, IVB, dan IVC Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar melalui model Problem Based Learning dengan nilai N-Gain 75,08 dengan ketuntasan hasil belajar 90%, dan model Discovery Learning memperoleh nilai N-Gain 65,05 dengan ketuntasan hasil belajar 72,41%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,282) > ttabel (2,0024). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Model pembelajaran yang paling efektif pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku adalah model Problem Based Learning Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:21
Last Modified: 19 Sep 2022 04:39
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3819

Actions (login required)

View Item View Item