PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Budiarti, Yustika and Patras, Yuyun Elizabeth and Suchyadi, Yudhie (2020) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Yustika Budiarti.pdf

Download (215kB)

Abstract

Yustika Budiarti. 037116105. Pengaruh Konsep Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 75 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 43 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,57. Ini menunjukan adanya pengaruh antara konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,32 atau sebesar 32%. Sisanya sebanyak 68% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata kemandirian belajar pada siswa sebesar 32% ditentukan oleh konsep diri melalui persamaan regresi Ŷ= 31,06 + 0,74X, artinya setiap kenaikan unit nilai konsep diri akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,74 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Konsep Diri dan Kemandirian Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:21
Last Modified: 19 Sep 2022 04:39
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item