PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal Pada Siswa Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri 02 Bojonggede Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020

Laraswati, Mutia Dewi and Patras, Yuyun Elizabeth and Ardianto, Didit (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal Pada Siswa Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri 02 Bojonggede Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Mutia Dewi L..pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK Mutia Dewi Laraswati. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen angket untuk variabel bebas yaitu motivasi belajar (X) dan instrumen tes untuk variabel terikat yaitu hasil belajar siswa (Y). Untuk uji validitas instrumen motivasi belajar dan hasil belajar siswa menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk Koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Bojonggede Bogor yang berjumlah 84 siswa. Sampel yang diambil 46 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian Prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ=-40,49+0,99X. Dengan harga thitung sebesar 1,605 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 0,125. Adapun hasil dari perhitungan uji koefisien determinasi diperoleh antara Motivasi Belajar (X) dengan Hasil Belajar Siswa (Y) adalah rxy = 1,84. Nilai terdapat pada interval 0,800 – 1,000 yang berarti tingkat hubungan antara dua variabel penelitian sangat kuat. Adapun kenaikan atau penurunan hasil belajar siswa memiliki pengaruh dengan motivasi sebasar 34%, sedangkan 66% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 02 Bojonggede Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:22
Last Modified: 19 Sep 2022 04:35
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item View Item