PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Ghroh, Nafissatuzza and Sutisna, Entis and Suchyadi, Yudhie (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Nafissatuzza Ghroh.pdf

Download (103kB)

Abstract

ABSTRAK Nafissatuzza Ghroh. 037115617. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor, 2019. Penelitian ini dengan pendekatan eksperimen quasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap hasil belajar matematika materi pengolahan data. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6 dengan jumlah keseluruhan 62 orang. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6 Kota Depok bulan Mei, semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelompok PBL sebesar 77 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 93,5%, sedangkan kelompok konvensional sebesar 68 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 83,9%. Sehingga nilai rata-rata N-Gain dan presentase ketuntasan hasil belajar pada kelompok kelas PBL lebih besar dari kelompok kelas konvensional. Pada uji normalitas dengan uji Liliefors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok PBL diperoleh Lhitung (0,0604) < Ltabel (0,1591) dan kelompok konvensional diperoleh Lhitung (0,0361) < Ltabel (0,1591). Kemudian pada uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung (1,48) < Ftabel (1,84). Uji hipotesis PBL dan konvensional diperoleh thitung (2,98507) > ttabel (2,00030). Maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL terhadap hasil belajar matematika materi pengolahan data pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6 Kecamatan Cilodong Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:23
Last Modified: 19 Sep 2022 04:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3839

Actions (login required)

View Item View Item