PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN DENGAN MODEL INQUIR LEARNING DAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION LEARNING Penelitian Komparatif pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Kebon Pedes 7 Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020

Lestari, Tary and Patras, Yuyun Elizabeth and Mulyawati, Yuli (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN DENGAN MODEL INQUIR LEARNING DAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION LEARNING Penelitian Komparatif pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Kebon Pedes 7 Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD TARY LESTARI.pdf

Download (73kB)

Abstract

Tary Lestari 037115162. Perbandingan Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan dengan Model Inquiry Learning dan model Explicit Instruction Learning. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan metode Komparatif. Tujua penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar belajar subtema organ gerak hewan dengan model inquiry learning dan model explicit instruction learning. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kebon Pedes 7 Kelas VA, dan VB pada bulan Agustus tahun pelajaran 2019/2020. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, hipotesis penelitian menggunakan uji t. Hasil penelitia menunjukan perbendingan hasil belajar pada model Inquiry Learning skor rata – rata N-Gain sebesar 83, dan nilai Lhitung = 0,032 dan Ltabel =0,138, sedangkan skor rata – rata N-Gain pada model Explicir Instruction Learning yaitu 76, dan nilai Lhitung = 0,026, dan Ltabel = 0,138. Pada uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung≤ Ltabel. Pada uji homogenitas Fhitung≤ Ftabel(1,40 ≤ 1,68). Hasil pengujian hipotesis menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung(3,08315) > ttabel(1,99006). Disimpulkan terdapat perbandingan hasil belajar subtema oragan gerak hewan dengan model inquiry learning dan model explicit instruction learning. Kata Kunci : Hasil Belajar, Inquiry, dan Explicit Instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:23
Last Modified: 17 Sep 2022 03:09
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3844

Actions (login required)

View Item View Item