PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MELALUI MODEL INQUIRI LEARNING DAN MODEL PROBLEM BESED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, IVB, IVC Sekolah Dasar Negeri Sukaraja 01 Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019

Khomalasari, Khomalasari and Anwar, Wawan Syahiril and Novita, Lina (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MELALUI MODEL INQUIRI LEARNING DAN MODEL PROBLEM BESED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, IVB, IVC Sekolah Dasar Negeri Sukaraja 01 Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Khomalasari.pdf

Download (109kB)

Abstract

ABSTRAK Khomalasari, 037115234 Subtema Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku Dengan Melalui Model Inquiri Learning dan Problem Based Learning penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema aku bangga dengan daerah tempat tinggal ku melalui model inquiri, model problem based learning dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Penelitian ini dilaksanakan disekolah dasar negeri sukaraja 01 kecamatan sukaraja kabupaten bogor pada kelas IV A, IVB dan IVC semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data tang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Perhitungan N-Gain pada ketiga kelompok diperoleh nilai N-Gain kelas kontrol (kelompok konvensional) sebesar 40,8, nilai N-Gain kelas eksperimen 1 (Inkuiri Learning) sebesar 78,80, sedangkan nilai N-Gain kelas eksperimen 2 (Problem Based Learning) sebesar 72,85. Sehingga nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 lebih besar dari kelompok eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Pada uji normalitas dengan uji lieliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Inkuiri Learning di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,08 ≤ 0,161, pada kelompok kelas Problem Based Learning di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,14 ≤ 0,161, pada kelompok kelas Konvensional di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,09 ≤ 0,161. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai X2hitung sebesar (5,224) lebih kecil dari x2tabel 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung sebesar 8,94632 lebih besar dari ttabel sebesar 2,00758, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hail penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Perbedaan Hasil Belajar Subtema Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku Dengan Melalui Model Inkuiri Learning dan Problem Based Learning Kata Kunci : Inkuiri Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:24
Last Modified: 17 Sep 2022 03:03
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3851

Actions (login required)

View Item View Item