PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH (Penelitian kausal di kelas III A, III B, dan III C Sekolah Dasar Negeri Nanggewer 03 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021)

Tsurroya, Nabilah and Rostikawati, Teti and Purnamasari, Ratih (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH (Penelitian kausal di kelas III A, III B, dan III C Sekolah Dasar Negeri Nanggewer 03 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD NABILAH.pdf

Download (63kB)

Abstract

Nabilah Tsurroya. 037116051. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2021.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar subtema kewajiban dan hakku di rumah. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala likert untuk variabel pembelajaran daring. Sedangkan, hasil belajar subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah dengan menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A, III B, dan III C Sekolah Dasar Negeri Nanggewer 03. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh pembelajaran daring dengan hasil belajar subtema kewajiban dan hakku di rumah. Korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 16,27+0,81X₁. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,98. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 96,04%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pembelajaran daring dengan hasil belajar subtema kewajiban dan hakku di rumah menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 16,27+0,81X₁, yang berarti setiap kenaikan unit pembelajaran daring menyebabkan kenaikan hasil belajar subtema kewajiban dan hakku di rumah sebesar 0,81 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring yang positif terhadap hasil belajar subtema kewajiban dan hakku di rumah III A, III B, dan III C Sekolah Dasar Negeri Nanggewer 03 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Subtema Kewajibanku dan Hakku di Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:26
Last Modified: 17 Sep 2022 03:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3879

Actions (login required)

View Item View Item