PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Otista Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Kamilah, Dianty and Sumardi and Purnamasari, Ratih (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Otista Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD DIANTY KAMILAH.pdf

Download (180kB)

Abstract

Dianita Kamilah. 037115241. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Energi Alternatif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Ekesperimen Quasi Desain Dua Grup. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar subtema energi alternatif pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A yang berjumlah 37 peserta didik, dan kelas IV-B yang berjumlah 35 peserta didik. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata N-Gain dan ketuntasan hasil belajar kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 60 dengan ketuntasan hasil belajar 94,5%, sedangkan nilai rata-rata N�Gain pada kelompok kelas kontrol sebesar 48 dengan ketuntasan hasil belajar 62,8%. Kemudian, pada hasil uji hipotesis didapatkan nilai thitung (4,255) > ttabel (2,000) dengan dk=70 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar subtema energi alternatif di kelas IV SDN Otista Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:26
Last Modified: 17 Sep 2022 02:55
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3880

Actions (login required)

View Item View Item