PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas VA, VB, VC dan VD Sekolah Dasar Negeri Cikaret 1 Kota Bogor Semester Genap 2018/2019

Putri, Yessy Tantya and Anwar, Wawan Syahiril and Sundari, Fitri Siti (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas VA, VB, VC dan VD Sekolah Dasar Negeri Cikaret 1 Kota Bogor Semester Genap 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD YESSY TANTYA P.pdf

Download (104kB)

Abstract

Yessy Tantya Putri. 037115002. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jenis kausal yang terdiri dari variabel efiaksi diri dan motivasi berprestasi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA�VD Sekolah Dasar Cikaret 1 Kecamatan Bogor Selatan yang terdiri dari 60 sampel responden. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tahun pelajaran 2018/2019 dengan metode angket untuk mengumpulkan data mengenai Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi Siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa, dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,77, koefisien determinasi sebesar 59%, melalui persamaan regresi Ŷ= 81,193 + 0,12 X. Dimana persyaratan uji hipotesis statistik; Ho:py=0 (tidak terdapat pengaruh antara efikasi diri (X) terhadap motivasi berprestasi siswa (Y)); Ha:py>0 (terdapat pengaruh antara efiaksi diri (X) terhadap motivasi beprestasi siswa (Y)). Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikansi antara efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa. Hal ini berarti untuk meningkatkan motivasi berprestasi maka harus memperhatikan efikasi diri siswa. Kata kunci : efikasi diri dan motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:27
Last Modified: 19 Sep 2022 04:48
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item