PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal Di Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Fauziyah, Wulan Hasna and Sukmanasa, Elly and Purnamasari, Ratih (2020) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal Di Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD WULAN HASNA.pdf

Download (68kB)

Abstract

Wulan Hasna Fauziyah. 037115230. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode studi kausal pada kemampuan berpikir kritis peserta didik sebagai variabel bebas dan hasil belajar pada mata pelajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 44 sampel responden. Intrumen yang digunakan berupa angket sebanyak 25 butir pernyataan untuk variabel kemampuan berpikir kritis dan variabel hasil belajar pada mata pelajaran matematika berupa 20 soal pertanyaan dengan koefisien korelasi sebesar 0,689 yang berarti pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dapat dikategorikan kuat dengan harga thitung sebesar 6,779 lebih besar dari ttabel dengan taraf 0,05 sebesar 2,018. Hal ini terbukti dengan adanya pengaruh yang fungsional antara percaya diri terhadap kemandirian belajar siswa melalui persamaan regresi Ŷ = -23,89 + 0,89. Artinya apabila kemampuan berpikir kritis peserta didik naik satu unit, maka hasil belajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,89 unit. Dengan hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik berkontribusi sebesar 47,4% terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:27
Last Modified: 19 Sep 2022 04:49
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3893

Actions (login required)

View Item View Item