PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID STUDIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS XI

Hanifah, Wafieroh and Hidayat, Rais and Susanto, Lufty Hari (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID STUDIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS XI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 P BIO Wafieroh Hanifah.pdf

Download (94kB)

Abstract

WAFIEROH HANIFAH. 036115011. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Studio untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd., dan Lufty Hari Susanto, M.Pd. Kelemahan belajar biologi itu kebanyakan diakibatkan karena motivasi belajar siswa rendah terhadap biologi.Media pembelajaran berbasis android dapat digunakan sebagai salah satu variasi media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaranan berbasis android studio, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA PGRI.Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development model 4-D (Define, Design, Develop, Dissemination), dilaksanakan pada bulan Maret hingga Agustus 2019.Uji coba terbatas pada penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu quasi exsperimen.Kelas eksperimen menggunakan Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia (MP-SPDM) dan kelas kontrol menggunakan media Charta.Berdasarkan hasil validasi, kualitas Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia (MP-SPDM) dapat dikategorikan sangat baik dan memenuhi kriteria. Hasil uji validasi ahli berdasarkan aspek media, bahasa dan materi didapat nilai rata-rata sebesar 90% yang menunjukan pada kategori valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil rata-rata motivasi belajar yang eksperimen mencapai 80% sedangkan yang menggunakan charta hanya 60%, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas exsperimen dan kelas Kontrol yaitu 0,000 (p < 0,05) menggunakan uji t yang berarti MP-SPDM berpengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. selain itu dapat dilihat dari hasil angket respon guru persentasenya 87,5% ini membuktikan bahwa guru memberikan respon sangat baik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Kata kunci: MP-SPDM, Motivasi Belajar, Sistem Peredaran Darah Manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:27
Last Modified: 17 Sep 2022 02:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item