PERBANDINGAN MODEL PROJECT BASED LEARNINGDENGAN PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Komparatif Pada KelasVA dan VB Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Juhayati and Rostikawati, Teti and Muhajang, Tatang (2019) PERBANDINGAN MODEL PROJECT BASED LEARNINGDENGAN PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Komparatif Pada KelasVA dan VB Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 9 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD JUHAYATI.pdf

Download (70kB)

Abstract

Juhayati 037115143. Perbandingan Model Project Based Learning dengan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Di bawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. dan Tatang Muhajang M.Ag. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen komparatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui perbedaanmodel Project Based Learning dengan Problem Based Learning terhadap hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bantarjati 9 Kota Bogor kelas VA dan VB pada bulan Mei tahun pelajaran 2018/2019. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung ≤ Ltabel. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai x²hitung sebesar 0,163 ≤ x2tabel 3,841, maka: Terdapat perbedaanantara model Project Based Learning dengan Problem Based Learning, model Project Based Learning diperoleh nilai N-Gain 82,34 dengan ketuntasan hasil belajar 93% dan model Problem Based Learning diperoleh nilai N-Gain 77,24 dengan ketuntasan hasil belajar 76%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,22) > ttabel (-2,00247). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaanmodel Project Based Learning dengan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan, serta model yang paling efektif adalah model Project Based Learning. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Project Based Learning, dan Model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:27
Last Modified: 19 Sep 2022 04:41
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item