HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN EFIKASI DIRI Penelitian ini dengan Metode Korelasi di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019

Damanik, Muhammad Dwiansyah and Patras, Yuyun Elizabeth and Budiana, Sandi (2019) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN EFIKASI DIRI Penelitian ini dengan Metode Korelasi di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD M. Dwiansyah Damanik.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Dwiansyah Damanik. 037114163. Hubungan Antara Kemandirian Belajar Siswa Dengan Efikasi Diri. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara kemandirian belajar siswa dengan efikasi diri. Menggunakan metode pendekatan penelitian korelasi yang terdiri dari kemandirian belajar siswa sebagai variabel bebas dan efikasi diri sebagai variabel terikat berupa instrumen angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 1 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 38 sampel responden. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kemandirian belajar siswa dengan efikasi diri, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,74, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,55 atau sebesar 55%. Hal ini berarti nilai kemandirian belajar siswa dengan efikasi diri 55%, melalui persamaan regresi Ŷ = 35,65 + 0,74 X. Sisanya sebanyak 45% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikansi antara kemandirian belajar siswa dengan efikasi diri. Hal ini berarti untuk meningkatkan efikasikasi diri maka harus memperhatikan kemandirian belajar siswa. Kata kunci : kemandirian belajar siswa dan efikasi diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:28
Last Modified: 19 Sep 2022 04:47
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3903

Actions (login required)

View Item View Item