PENGARUH REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG Pendekatan Penelitian Kuasal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bangka 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Tiarani, Silvia and Sukmanasa, Elly and Talitha, Stella (2021) PENGARUH REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG Pendekatan Penelitian Kuasal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bangka 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 PGSD SILVIA.pdf

Download (56kB)

Abstract

Silvia Tiarani. 037117014. Pengaruh Reward and Punishment terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. Penelitian kuantitatif pendekatan kausal dengan metode survei di Sekolah Dasar Negeri Bangka 3 Kota Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-C dan V-D yang terdiri dari 55 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan dari peneilian ini yaitu, untuk mengetahui apakah ada pengaruh reward and punishment terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bangka 3 Kota Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh reward and punishment terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu: Ŷ = 28,76+0.273 X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,97. Sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 94,09%. Jika reward and punishment diperbaiki maka hasil belajar matematika materi bangun ruang akan meningkat, berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara reward and punishment terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bangka 3 Kota Bogor tahun pelajaran 2020/2021 Kata Kunci: Reward and Punishment, Hasil Belajar, dan Bangun Ruang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:29
Last Modified: 19 Sep 2022 04:42
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item