PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER Studi ini dengan Penelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantarkemang 6 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Semester GenapTahun Pelajaran 2016/2017

Silvionita, Ressy and Badruzzaman, Nedin and Sukmanasa, Elly (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER Studi ini dengan Penelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantarkemang 6 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Semester GenapTahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Ressy Silvionita.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Ressy Silvionita, 037113335. Perbedaan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Dan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together. Skripsi Program Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini dilakukan di SDN Bantarkemang 6 kelas VA, VB, dan VC pada bulan Mei Semester Genap Tahun Ajaran 2016/ 2017. Uji instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 22 soal valid dengan koefisien realibilitas sebesar 0,70. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis (uji lilliefors) dengan uji normalitas dari ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai L_hitung lebih kecil dari L_(tabel ). Pada uji homogenitas didapatkan nilai x2hitung sebesar 4,682 ≤ X2tabel 5,991 dan dilakukan uji hipotesis melalui uji t dengan kesimpulan hasil penelitian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka : Terdapat perbedaan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division dengan nilai N-Gain sebesar 68,03 serta ketuntasan hasil belajar sebesar 88% dan model pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dengan nilai N-Gain sebesar 59,97 serta ketuntasan hasil belajar sebesar 82,35%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima : thitung (9,952) > ttabel (1,99656). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika Melalui Model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division dan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together. Kata Kunci : Student Teams Achievement Division, Numbered Heads Together, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:29
Last Modified: 19 Sep 2022 04:43
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3916

Actions (login required)

View Item View Item