ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENEKAN ANGKA KECELAKAAN KERJA DI PT BRANTAS ABIPRAYA (PERSERO) (STUDI KASUS: PROYEK JALAN LAYUNG DI JL. RE MARTADINATA, BOGOR)

Parimala, Riska and PUSPANIDRA, TIARA and Cahyaningrum, Qoute Nuraini (2020) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENEKAN ANGKA KECELAKAAN KERJA DI PT BRANTAS ABIPRAYA (PERSERO) (STUDI KASUS: PROYEK JALAN LAYUNG DI JL. RE MARTADINATA, BOGOR). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 09-01-2022 09.15.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kecelakaan kerja merupakan peristiwa yang tidak diinginkan yang sering terjadi di perusahaan dan dapat menyebabkan kerugian secara langsung maupun tidak langsung. PT Brantas Abipraya (Persero) salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dalam bidang kontruksi. PT Brantas Abipraya (Persero) memiliki peranan penting dalam mengatur keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja (K3L). UU Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012 pada poin (c) isinya membuat petunjuk K3 yang harus dipatuhi oleh seluruh pekerja/buruh, orang lain selain pekerja/buruh yang berada di perusahaan, dan pihak lain yang terkait dan (d) Membuat prosedur informasi. Prosedur informasi sebagaimana dimaksud pada pasal 12 ayat (1) harus memberikan jaminan bahwa informasi K3 diberitahukan kepada semua pihak dalam perusahaan dan pihak terkait di luar perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi apa yang dilakukan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) dalam menekan angka kecelakaan kerja, serta apa saja faktor penghambat dalam menyampaikan strategi komunikasi K3L terhadap para pekerja. Target sasaran pekerja terbagi menjadi dua, yaitu pekerja kantor dan pekerja lapangan. Metode ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan analisa SWOT, (Strenght, Weakness, Opportunity dan Thread). Strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) sesuai dengan teori menurut Nova (2011:54), Publikasi yang berisi artikel, tulisan, gambar atau foto dan tayangan visual, Event, News dan Penggunaan Media Baru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di PT Brantas Abipraya (Persero) pada bulan Mei 2019 hingga Juli 2019. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi kommunikasi yang paling efektif adalah melalui publikasi dengan tulisan dan gambur, kemudian dengan kegiatan atau event yang rutin, karena dengan adanya strategi komunikasi tersebut dapat menimbulkan dampak positif bagi keselamatan dan kesehatan para pekerja kantor dan lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:29
Last Modified: 01 Sep 2022 02:29
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3923

Actions (login required)

View Item View Item