PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR YANG DIBERIKAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibereum 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Elvira, Bella and Sukmanasa, Elly and Muhajang, Tatang (2019) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR YANG DIBERIKAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibereum 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Bella Elvira.pdf

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK Bella Elvira 037115011. Pengaruh Bimbingan Belajar Yang Diberikan Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument angket untuk kedua variable. Uji validitas instrumen interaksi sosial dan disiplin dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Kota Bogor yang berjumlah 89 siswa. Sampel yang diambil 47 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 9,99+0,86X, dengan harga thitung sebesar 17 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,021 dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap disiplin belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cibereum 4 Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Bimbingan Belajar Siswa, Disiplin Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:50
Last Modified: 19 Sep 2022 04:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3948

Actions (login required)

View Item View Item