IMPLEMENTASI METODE APeL DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BAGI ANAK PAPUA DI SMA SEKOLAH ANAK INDONESIA

Yunita, Putri Rahma and Kurniasih, Surti and Herawati, Atti (2020) IMPLEMENTASI METODE APeL DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BAGI ANAK PAPUA DI SMA SEKOLAH ANAK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 P BIO Putri Rahma Yunita.pdf

Download (134kB)

Abstract

Putri Rahma Yunita. 036116034. Implementasi Metode APeL Dalam Pembelajaran Biologi Bagi Anak Papua di SMA Sekolah Anak Indonesia. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Desti Herawati, M.Pd. Pendidikan mempunyai peranan strategis untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki keterampilan berpikir dan kecerdasan emosional yang tinggi. Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga Negara Indonesia. Sistem pendidikan di Indonesia belum merata khususnya di Indonesia Timur yaitu daerah Papua, karena pendidikan yang tertinggal dan masih banyak anak-anak yang tidak memiliki akses ke sekolah yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan metode APeL dalam pembelajaran biologi bagi anak Papua di SMA Sekolah Anak Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari Januari  Juli 2020 dengan beberapa informan yaitu Guru Biologi, Koordinator Bidang APeL, Pendiri Yayasan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Pendiri Yayasan, Pembina Asrama dan Siswa. Penelitian ini dilakukan secara online baik melalui video call atau telepon seluler dan diperoleh satu jenis data yaitu data primer berasal dari wawancara, observasi pendahuluan dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data, metode APeL memiliki karakteristik dan dalam implementasi pembelajaran biologi terbagi menjadi 3 proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Karakteristik metode APeL merupakan metode yang mengacu pada keterampilan abad ke-21 prinsip 4C melalui langkah scientific method dan engineering design. Perencanaan pembelajaran di SAI dilakukan rapat guru setiap awal tahun ajaran dan pelatihan�pelatihan khususnya pelatihan metode APeL. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode APeL melalui langkah metode ilmiah dan pembuatan project. Evaluasi pembelajaran terdiri dari penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor melalui rubrik penilaian yang telah ditetapkan oleh sekolah. Kata Kunci : Metode APeL, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:03
Last Modified: 20 Sep 2022 01:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3961

Actions (login required)

View Item View Item