Amalia, Irna and Rusfien, Ismail Taufik and Kusumaningtias, Intan Tri (2020) ANALISIS STRATEGI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA BOGOR DALAM MEMPERBAIKI CITRA PELAYANAN PUBLIK. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
CamScanner 09-01-2022 09.24.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian kali ini akan membahas mengenai strategi humas Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor atau biasa disebut BAPENDA Kota Bogor yang sangat disorot oleh perusahaan/ instansi lain baik pemerintahan maupun swasta. Hal tersebut dikarenakan BAPENDA Kota Bogor memiliki kredibilitas yang baik dalam segi pelayanan dan fasilitas yang memadai sehingga aktifitas pelayanan terhadap publik memiliki citra yang sangat baik dimata masyarakat luas dan Instansi/perusahaan lain tertarik menjadikan BAPENDA Kota Bogor sebagai contoh teladan yang dapat diterapkan diinstansinya tersebut dalam pelayanan terhadap publik. Namun permasalahan pada penelitian ini adalah melihat strategi BAPENDA Kota Bogor menanggapi kabar dan berita bahwa pelayanan publik di Indonesia mengalami penurunan dan tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi humas BAPENDA Kota Bogor memperbaiki citra tersebut menjadi lebih baik. Strategi BAPENDA Kota Bogor pada penjelasan akhir penelitian ini untuk memperbaiki citra fokus pada beberapa program kegiatan seperti sosialisasi mengenai wawasan pajak dan menghindari isu miring yang dapat menggiring opini, membuat system pelayanan online agar memudahkan wajib pajak bertransaksi, bekerja sama dengan pihak perbankan untuk meningkatkan metode pembayaran agar lebih mudah, kordinasi antar pegawai dalam menanggapi isu berita tersebut Dengan begitu citra pelayanan publik dapat menjadi baik kembali dan terhindar dari isu miring. Kesimpulannya BAPENDA Kota Bogor dalam memperbaiki citra memiliki beberapa cara dan stracgi didalamnya. Namun pada penelitian kali ini dikaitkan dengan teori Image Restoration karena pembahasan penelitian ini mengungkap dan menjelaskan mengenai cara memperbaiki citra dengan teori yang searah dan sejalan dalam menjabarkan hasil penelitian. Dalam teon Image Restoration terdapat elemen penting dadalamnya seperti identifikasi masalah, dimana BAPENDA Kota Bogor melihat dan meninjau masalah di lapangan atau di wilayah ruang lingkup masyarakat bagaimana menanggapi permasalahan citra pelayanan publik, mengindentifikasi su dan informasi yang beredar dan melakukan sosiasilasi schagai bentuk strategi untuk menyeimbangkan informasi tersebut yang beredar dikalangan masyarakat. Tentu pada pelayanan publik yang menjadi target sasaran adalah masyarakat sebagai wajib pajak yang dapat memberi penilaian baik buruknya pelayanan di BAPENDA Sehingga dari BAPENDA Kota Bogor memiliki strategi coline dimana memudahkan para wajib pajak untuk membayar pajak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:57 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:57 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3988 |
Actions (login required)
View Item |