PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Komparatif Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Panaragan 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Pitriasari, Windi and Herfina and Purnamasari, Ratih (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Komparatif Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Panaragan 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 pgsd WINDI P.pdf

Download (75kB)

Abstract

ABSTRAK Windi Pitriasari.037115164. Perbandingan Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Model Problem Based Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini adalah Eksperimen Komparatif. Bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya Melalui Penerapan Model Inquiry (Eksperimen 1) dan Model Problem Based Learning (Eksperimen 2). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Panaragan 2 Kota Bogor. Pada Kelas VA dan VB Pada bulan Mei Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu Uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka tdapat perbedaan hasil belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya melalui Pembelajaran Inquiry memperoleh nilai N-Gain 78 dengan ketuntasan hasil belajar 97,2% dan Model Problem Based Learning memperoleh nilai N-Gain 72 dengan ketuntasan hasil belajar 94,11%. Hasil Pengujian hipotesis menyatakan H_(0 )ditolak dan H_a diterima karena t_(Hitung )(2,29235) > t_(Tabel )(199547). Bedasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya Melalui Penerapan Model Inquiry dan Model Problem Based Learning. Dari Kedua Model pembelajaran tersebut yang paling efektif adalah model Pembelajaran Inquiry. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiry dan Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:56
Last Modified: 20 Sep 2022 01:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item View Item