Fazriani, Rifa and Hidayat, Rais and Novita, Lina (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Korelasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Otista Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2019 PGSD Rifa Fazriani.pdf Download (89kB) |
Abstract
ABSTRAK Rifa Fazriani. 037115260. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika. Metode yang digunakan yaitu asosiatif studi korelasional pada kebiasaan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Otista Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019 terdiri dari 46 sampel. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel kebiasaan belajar dan soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,63 yang berarti tingkat hubungan tergolong kuat dan diperoleh thitung sebesar 5,359 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,021 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 04:33 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 01:32 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4012 |
Actions (login required)
View Item |