ANALISIS PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN NON-PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK Studi Deskriptif dengan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 3 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019

Ayuni, Intan and Budiana, Sandi and Mirawati, Mira (2019) ANALISIS PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN NON-PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK Studi Deskriptif dengan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 3 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Intan Ayuni.pdf

Download (77kB)

Abstract

ABSTRAK Intan Ayuni. 037115084. Analisis Prestasi Belajar Peserta Didik yang Berasal dari Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Non-pendidikan Taman Kanak-kanak. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan penelitian kualitatif berupa teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik yang berasal dari pendidikan Taman Kanak-kanak dan non-pendidikan Taman Kanak-kanak. Subyek penelitian ini adalah peserta didik yang berasal dari pendidikan Taman Kanak-kanak bernama Teguh Maulana Yusuf dan peserta didik non-pendidika Taman Kanak-kanak bernama Mega Alya Bilqis. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar peserta didik yang berasal dari pendidikan Taman Kanak-kanak lebiih baik dari pesertasi peserta didik non-pendidika Taman Kanak-kanak. Selain dari faktor jenjang pendidikan sebelum memasuki Sekolah Dasar ada faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut yaitu faktor perhatian orang tua, faktor ekonomi dan faktor lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pentingnya jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak sebelum memasuki pendidikan Sekolah Dasar karena mempengaruhi prestasi belajar peserta didik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata Kunci: Prestasi Belajar dan Pendidikan Taman Kanak-kanak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:33
Last Modified: 17 Sep 2022 00:42
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4040

Actions (login required)

View Item View Item