PROSES PEMBENTUKAN CITRA DIRI SELEBRITIS INSTAGRAM (STUDI KASUS SELEBRITIS INSTAGRAM KOTA BOGOR)

Hardiani, Melly Mauli and SATRIANI, IMANI and Kusumaningtias, Intan Tri (2021) PROSES PEMBENTUKAN CITRA DIRI SELEBRITIS INSTAGRAM (STUDI KASUS SELEBRITIS INSTAGRAM KOTA BOGOR). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 09-01-2022 11.37.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses pembentukan citra diri yang di bangun selebritis Instagram di kota Bogor dalam media sosial Instagram, mengetahui kesan yang didapatkan oleh selebritis Instagram, dan menganalisis cara yang dilakukan seorang selebritis Instagram dalam menjaga eksistensinya. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber dan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan mewawancarai tiga informan, observasi pada akun Instagram subjek penelitian, dokumentasi serta kegiatan kepustakaan yang dapat menunjang data penelitian. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber. Teknik yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang dikemukakan dengan menggunakan proses pembentukan citra diri melalui spesialisasi (ciri khas), kepemimpinan (keahlian), kepribadian (kepribadian yang apa adanya), perbedaan (menampilkan citra diri dengan cara yang berbeda dan unik), terlihat (menampilkan citra diri secara terus-menerus agar dapat dikenal dan tertanam dalam benak orang lain), kesatuan (tidak boleh lepas. dari etika moral dan tingkah laku yang ada pada citra tersebut), keteguhan (dibangun secara konsisten dan terus menerus agar dapar berkembang), nama baik (memberi hasil yang baik apabila ditunjukkan ke dalam hal-hal positif seperti nilai atau ide yang diakui bermanfaat untuk orang lain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan citra diri selebritis Instagram dimaknai informan sebagai salah satu upaya mereka untuk dikenal orang banyak terutama para pengguna Instagram sebagai sosok unik dan kreatif melalui aktivitas foto dan video yang mereka unggah di Instagram. Hal tersebut dimotivasi oleh keinginan mereka untuk menyalurkan hobi dan keterampilan mereka. Penggunaan platform yang mudah di jangkau semua kalangan ini dipandang oleh mereka bermanfaat untuk mendapatkan endorsement, teman baru, relasi, uang dan pekerjaan tentunya. Proses pembentukan citra diri dari ketiga selebritis Instagram Aryesha, Tamara, dan Steylla cukup baik namun masih ada beberapa hal yang perlu diperkuat kembali seperti konten yang diunggah dan keahlian yang dimiliki. Kesan yang dibangun oleh ketiga selebritis Instagram tersebut positif dan tertanam di benak orang lain. Ketiga selebritis Instagram tersebut sudah mempertahankan eksistensi din mereka di Instagram dengan baik, mereka memiliki cara tersendiri untuk mempertahankan eksistensi diri mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:39
Last Modified: 01 Sep 2022 04:39
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4045

Actions (login required)

View Item View Item