PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Wulandari, Euis Siti and Hidayat, Rais and Handayani, Rukmini (2020) PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Euis Siti W..pdf

Download (107kB)

Abstract

ABSTRAK Euis Siti Wulandari. 037116204. Pengaruh Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatana kausalitas, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel komunikasi guru dan motivasi belajar siswa menggunakan rumus Product Moment Person dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B, Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kabupaten Bogor yang dilaksanakan Semseter Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 101 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian kuantitatif ini dilanjutkan dengan menguji pada sampel dengan instrumen yang valid dan reliable. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien relasi sebesar 0,40 yang berarti pengaruh antara variabel sedang. Harga Koefisien persamaan regresi Ŷ= 23,72+(0,64X) yang berarti setiap peningkatan satu unit komunikasi guru (X) akan meningkatkan motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0,64 unit. Kontribusi variabel komunikasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa (r²) sebesar 0,16 dengan koefisien determinasi sebesar 16% dan sisanya 84% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan meningkatkan komunikasi gurunya. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Komunikasi Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 01:57
Last Modified: 20 Sep 2022 01:35
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item