ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KESULITAN BERHITUNG PERMULAAN Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Genteng Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Carolina, Derista Lidya and Sukmanasa, Elly and Safitri, Nurlinda (2020) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KESULITAN BERHITUNG PERMULAAN Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Genteng Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Derista Lidya C..pdf

Download (111kB)

Abstract

ABSTRAK Derista Lidya Carolina. 037116060. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kesulitan Berhitung Permulaan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini dilaksanakan dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Studi Kasus. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kesulitan Berhitung Permulaan. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas tinggi yakni VB Sekolah Dasar Negeri Genteng Kota Bogor. Pengumpulan data pada penelitian dilaksanakan dengan cara melakukan obsesrvasi, wawancara, dan juga pengumpulan data dan dokumentasi guna menunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik kesulitan berhitung memiliki motivasi yang tertanam pada dirinya dan masih mau berusahan untuk menyelesaikan soal yang berhubungan dengan perhitungan. Ada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kesulitan berhitung tersebut. Setiap anak memiliki intelegensi yang berbeda, tipe peserta didik tersebut merupakan tipe yang harus terus belajar dan harus terus diasah kemampuannya dalam berhitung sambil diberikan dorongan juga motivasi. Motivasi yang tertanam pada diri peserta didik sudah cukup timbul, hanya saja perlu dilatih terus menerus dan harus selalu diberikan dorongan motivasi semaksimal mungkin karena peserta didik masih sangat lamban dalam memahami konsep perhitungan permulaan yang sederhana walaupun sudah berada di jenjang kelas tinggi. Kata kunci: Motivasi dan Kesulitan Berhitung Permulaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 01:58
Last Modified: 17 Sep 2022 00:48
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4082

Actions (login required)

View Item View Item