ANALISIS STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT PT. QUALITAS ANDALAN BERSAMA 'Q-GOLF' DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN

LEGAWA, PUTRA MARTA and DURYATMO, SARDI and MUSLIM, MUSLIM (2021) ANALISIS STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT PT. QUALITAS ANDALAN BERSAMA 'Q-GOLF' DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PAKUAN.

[img] Text
CamScanner 09-01-2022 13.21.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putra Marta Legawa. 044117448. 2021. Analisis Strategi Hubungan Masyarakat PT Qualitas Andalan Bersama 'Q-Golf Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Sardi Duryatmo Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk menyampaikan nilai produknya adalah dengan menggunakan public relation atau hubungan masyarakat (humas). PT Qualitas Andalan Bersama (Q-golf) adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan lapangan golf secara daring melalui aplikasi pada ponsel pintar. Pada periode 2018-2019, jumlah pelanggan Q-golf mengalami penuruan secara signifikan. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa tren pelanggan eksisting mengalami penurunan yang mengakibatkan turunnya jumlah pelanggan. Pelanggan eksisting tidak menunjukan loyalitas kepada Q-golf. Q-golf telah melakukan strategi humas untuk dapat mempublikasikan produk mereka dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun hasil dari strategi humas yang dijalankan oleh Q-golf menunjukan hasil yang kurang memuaskan. Oleh karena itu strategi humas yang dilakukan oleh Q-golf menjadi menarik untuk dianalisis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi humas PT Qualitas Andalan Bersama dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara kepada lima orang informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran utama dari humas Q-golf adalah hubungan pers, publisitas produk, dan urusan publik. Peran humas Q-golf sebagai melobi dan pengembangan tidak menjadi peran yang utama namun tetap dilakukan oleh humas Q-golf. Ada tujuh alat humas yang digunakan oleh bagian humas Q-golf yaitu berita. acara khusus, materi tertulis, materi audio visual, materi identitas korporat, kegiatan pelayanan publik, dan situs dan media sosial. Strategi yang telah dilaksanakan oleh humas Q-golf adalah strategy of publicity, strategy of persuasion, dan strategy of image. Humas Q-golf tidak melaksanakan strategy of augmentation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 01:59
Last Modified: 03 Sep 2022 01:59
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4089

Actions (login required)

View Item View Item