PERBANDINGAN HASIL BELAJAR TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DARING ASYNCHRONOUS (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Komparatif Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Tahun Pelajaran 2019/2020 Semester Genap)

Nurlia, Rien and Kurnia, Dadang and Purnamasari, Ratih (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DARING ASYNCHRONOUS (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Komparatif Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Tahun Pelajaran 2019/2020 Semester Genap). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Rien Nurlia.pdf

Download (170kB)

Abstract

ABSTRAK Nurlia, 37116095. Perbandingan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Berbantuan Media Daring Asynchronous. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini dengan desain dan model Quasi Eksperimen Komparatif, serta dilaksanakan secara kolabratif dalam satu siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV dengan penggunaan model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yang terbagi dalam dua kelompok kelas eksperimen. Kelas eksperimen 1 terdiri dari 31 siswa dan kelas eksperimen tediri dari 35 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 0,72 dengan dk (derajat kebebasan) = (n1 + n2 – 2) = (27 + 27 – 2) = 52 maka diperoleh ttabel pada taraf signifikan sebesar α/2 = 0,05/2 = 0,025 sebesar 2,00665. Adapun pengujian dua arah maka kriteria pengujian adalah Ho ditolak apabila -2,00665>thitung>2,00665 oleh karena itu didapat thitung<ttabel (0,72<2,00665), artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Perbandingan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Berbantuan Media Daring Asynchronous tidak terdapat perbandingan hasil belajar pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SD Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor Semester Genap tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 01:59
Last Modified: 20 Sep 2022 01:35
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4090

Actions (login required)

View Item View Item