HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU Survey Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kota Bogor Semester Genap 2018/2019

Munawaroh and Helena, Great and Windiyana, Tustiyana (2019) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU Survey Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kota Bogor Semester Genap 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PGSD MUNAWAROH.pdf

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Munawaroh. 037115138. Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dilakukan dengan metode survey penelitian korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Obyek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Gunung Gede Kota Bogor kelas IV yang terdiri dari tiga rombongan belajar dengan jumlah sebanyak 116 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar ditunjukkan dari perhitungan dengan persamaan regresi Ŷ =81,35+0,71X. Artinya bahwa setiap peningkatan satu unit akan meningkatkan kemandirian siswa sebesar 0,71 unit. Kekuatan hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar pada tema daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,680 yang berarti di kategorikan kuat, dan menghasilkan thitung sebesar 6,706 lebih besar dari ttabel 1,674. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar dengan hasil belajar pada tema daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:01
Last Modified: 17 Sep 2022 00:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item