PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Studi Kurikulum 2013 ini Dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Sekar Adi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Fauziah, Siti Sarah and Kurnia, Dadang and Novita, Lina (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Studi Kurikulum 2013 ini Dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Sekar Adi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD SITI SARAH FAUZIAH.pdf

Download (124kB)

Abstract

Siti Sarah Fauziah. 037116081. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2016. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku kepada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Sekar Adi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan pada peserta didik dari dua kelas yang memiliki kemampuan setara namun pemberian media pembelajaran berbeda. Kelompok kelas eksperimen (IV B) dan kelas kontrol (IV A) dengan jumlah responden sebanyak 62 peserta didik. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata�rata N-Gain dan ketuntasan hasil belajar kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 64 dan ketuntasan hasil belajar sebesar 93,54%, sedangkan pada kelompok kelas kontrol nilai rata-rata N-Gain sebesar 51 dan ketuntasan hasil belajar 87,09 %. Kemudian pada hasil uji hipotesis didaptkan nilai thitung (3,477) > ttabel (2,000) dengan dk = 60 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan penggunaan media pembelajaran powtoon. Kata kunci : Media pembelajaran, Media powtoon, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:01
Last Modified: 16 Sep 2022 07:05
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4125

Actions (login required)

View Item View Item